Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Eksplorasi Bunyi Pola Ritmis Perkusi di Sekolah Seni Alam Yogyakarta

Main Article Content

Aushof Zufar Kaloka
Agustina Ratri Probosini
Hana Permata Heldisari

Abstract

This study aims to describe the value of character education in the learning process of exploring rhythmic percussion sound patterns at Sekolah Seni Alam (SULam) Yogyakarta. This study uses a qualitative descriptive method, data obtained from observations, interviews, bibliographic studies, and documentation, then validated using the triangulation of techniques and sources. Data analysis used descriptive qualitative analysis presented with narrative text. The results showed that there were two levels in the percussion class. At the basic level, there are stages of initiation to percussion instruments, research, and maturation. Then at the advanced level, there are stages of initiation, analysis, production of works, and preparation for teaching. In learning, character education values can be found, including the value of creative character education, curiosity, responsibility, independence, communication, respect for achievement, and care for the environment.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada proses pembelajaran eksplorasi bunyi pola ritmis perkusi di Sekolah Seni Alam (SULam) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data didapatkan dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi lalu divalidasi menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua tingkatan di kelas perkusi. tingkat dasar terdapat tahap pengenalan instrumen perkusi, pencarian, dan pematangan kemudian tingkat lanjutan terdapat tahap pengenalan, analisis, membuat karya, dan siap mengajar. Dalam pembelajaran dapat ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter meliputi nilai pendidikan karakter, kreatif, ingin tahu, tanggung jawab, mandiri, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kaloka, A. Z., Probosini, A. R., & Heldisari, H. P. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Eksplorasi Bunyi Pola Ritmis Perkusi di Sekolah Seni Alam Yogyakarta. Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik Dan Pendidikan Musik, 2(2), 91–96. https://doi.org/10.30872/mebang.v2i2.29
Section
Articles

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2018). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non Dikotomik. Pustaka Pelajar.

Miles, M. ., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode. Universitas Indonesia Press.

Nurhasanah, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Ratna, K. N. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Predana Media group.

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugandi, A. (2004). Teori Pembelajaran. UPT MKK UNNES.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.