PENGEMBANGAN UMKM KULINER DI ERA DIGITALISASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KREATIF

The Development of Culinary Micro, Small and Medium Enterprises in the Digitalization Era as an Effort to Improve the Creative Economy

Authors

  • Muhammad Hafizh Khalik Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman
  • Bayu Aji Nugroho Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v1i2.47

Keywords:

creative economy, culinary, UMKM, digitization

Abstract

Abstract: The creative economy is an economic concept by optimizing the potential of ideas and also the latest information from many sources continuously and intensively to be useful to be able to reach a wider target market. The creative economy in the culinary sector is not only optimizing the potential of ideas and information but also utilizing the potential of local wisdom or culture that exists in an area to create a characteristic that is suitable for the region. The purpose of this article is to help UMKM actors to be able to follow developments in the digitalization era and improve their creativity so that they can compete with other products and can produce products with higher added value and benefit in market share. The method with this article can help UMKM to be able to improve their products in the digitalization era.

Keywords: creative economy; culinary; UMKM; digitization.

 

Abstrak: Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi dengan mengoptimalkan potensi ide dan juga berbagai informasi terbaru dari banyak sumber secara terus menerus dan juga intensif guna bermanfaat untuk bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Ekonomi kreatif di sektor kuliner bukan hanya mengoptimalkan potensi ide dan informasi saja tetapi juga memanfaatkan potensi dari kearifan lokal atau budaya yang ada di suatu daerah tersebut guna menciptakan sebuah ciri khas yang sesuai dengan wilayah tersebut. Tujuan dari artikel ini dapat membantu para pelaku UMKM agar dapat mengikuti perkembangan di era digitalisasi dan meningkatkan kreativitas mereka agar dapat bersaing dengan produk – produk lain serta dapat menghasilkan produk yang bernilai tambah dan bermanfaat lebih tinggi di pangsa pasar. Pada artikel ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi mengenai pengembangan usaha kuliner di era digitilisasi kepada para pelaku UMKM yang ada di kelurahan Gunung Samarinda Baru. Adanya artikel ini dapat membantu para UMKM untuk dapat meningkatkan produk mereka di era digitalisasi.

Kata Kunci: ekonomi kreatif; kuliner; UMKM; digitalisasi.

Published

2022-12-31

How to Cite

Khalik, M. H., & Nugroho, B. A. (2022). PENGEMBANGAN UMKM KULINER DI ERA DIGITALISASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KREATIF: The Development of Culinary Micro, Small and Medium Enterprises in the Digitalization Era as an Effort to Improve the Creative Economy. Ruhui Rahayu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 111–116. https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v1i2.47