UMKM GOES ONLINE : MEMPERSIAPKAN UMKM DALAM SEGI PEMASARAN PRODUK DAN PRODUKTIVITAS PELAKU UMKM SECARA ONLINE

UMKM Goes Online: Preparing MSME in The Aspects of Online Product Marketing and Productivity of MSME Players

Authors

  • Aryo Subroto Fakultas Hukum, Universitas Mulawarman
  • Zaky Naufal Dahan Fakultas Hukum, Universitas Mulawarman
  • Ayu Ulfiani Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman
  • Brigitta Laura Vianniey Najoan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Mulawarman
  • Annisa Puteri Avianty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v2i1.59

Abstract

Abstract: The pandemic period was a tough time for micro, small and medium enterprises (MSMEs). In East Kalimantan, of around 309,000 MSMEs, there are 160,000 MSMEs or more than 50% affected by the Covid-19 pandemic. They have felt slumped and survived in very difficult conditions since the third quarter of 2020. The social penalty policy made it difficult for them to move their business. However, there are also MSMEs that are still surviving, including  Momen Krunchy MSME located in Samarinda, East Kalimantan. However, the problem that arises is that business actors are still minimal in terms of digital marketing knowledge and sales using social media. For this reason, community service in the form of Field Work Lecture (KKN) 47 at Mulawarman University is carried out to provide assistance to Krunchy Moment MSMEs so that they can survive and progress in the pandemic era. The activities were carried out boldly and attractively by students from various scientific fields and field assistant lecturers. Activities starting from coordination, implementation and evaluation. The results of this service are in the form of product catalogs, MSME profile videos, and online marketing. Evaluation of this activity is carried out by monitoring and evaluation by field assistant lecturers and the achievements perceived by MSME players are increased sales.

Keywords: UMKM, Pandemic, Momen Krunchy, KKN

 

Abstrak: Masa pandemi adalah masa yang berat bagi pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di Kalimantan Timur dari sekitar 309.000 UMKM, terdapat 160.000 UMKM atau lebih dari 50% terimbas pandemi Covid-19. Terpuruk dan bertahan dalam kondisi sangat sulit mereka rasakan sejak triwulan III tahun 2020. Kebijakan pembatasan  sosial menyebabkan usaha mereka sulit bergerakNamun ada juga UMKM yang masih bertahan, diantaranya UMKM Momen Krunchy yang berlokasi di Samarinda, Kalimantan Timur. Namun permasalahan yang muncul adalah, pelaku usaha masih minim dalam hal pengetahuan digital marketing dan penjualan menggunakan media sosial. Untuk itulah, pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) 47 Universitas Mulawarman ini dilakukan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Momen Krunchy agar tetap bertahan dan makin maju di era pandemi. Kegiatan dilakukan secara daring dan luring oleh mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan dan dosen pendamping lapangan. Kegiatan dimulai dari koordinasi, pelaksanaan dan evalausi. Hasil dari pengabdian ini adalah, berupa katalog produk, video profil UMKM, dan pemasaran secara online. Evaluasi dari kegiatan ini adalah dilakukan monitoring dan evalausi oleh dosen pendamping lapangan dan capaian yang dirasakan oleh pelaku UMKM, adalah penjualan meningkat.

Kata Kunci: UMKM, Pandemi, Momen Krunchy, KKN

Published

2023-04-30

How to Cite

Subroto, A., Dahan, Z. N., Ulfiani, A., Najoan, B. L. V., & Avianty, A. P. (2023). UMKM GOES ONLINE : MEMPERSIAPKAN UMKM DALAM SEGI PEMASARAN PRODUK DAN PRODUKTIVITAS PELAKU UMKM SECARA ONLINE: UMKM Goes Online: Preparing MSME in The Aspects of Online Product Marketing and Productivity of MSME Players. Ruhui Rahayu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v2i1.59