EDUKASI PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BRANDING PRODUK UMKM KELURAHAN MANGGAR BARU KOTA BALIKPAPAN

Education of the Importance of Social Media Use as A Means of MSMEs Products Branding Manggar Baru Sub-district, Balikpapan City

Authors

  • Muhammad Iqbal Universitas Mulawarman
  • Bayu Aji Nugroho

Keywords:

MSMEs, social media, branding, UMKM, media sosial

Abstract

Abstract: Community engagement in educating MSMEs in Manggar Baru Sub-district,
Balikpapan City, is crucial to be conducted, as it can provide an understanding of the
significance of leveraging social media to strengthen the brand of MSME products in
Manggar Baru Sub-district, which holds the potential for enhancement and expanding
marketing outreach for MSME entrepreneurs. Through the Self Learning method,
participants of the education program, consisting of MSME entrepreneurs in Manggar
Baru Sub-district, demonstrated positive understanding and strong commitment to
implementing these new marketing strategies within their MSME activities. Evaluation
results indicated that 97% of participants easily comprehended and expressed interest in
applying social media utilization as a branding tool in their MSME businesses. These
outcomes suggest that the educational content on the Importance of Using Social Media
as a Means of branding for MSME Products in Manggar Baru Sub-district, Balikpapan
City, has successfully influenced participants' understanding and enthusiasm for this
concept. Strong participant support indicates the potential for changing how MSMEs
market their products in the digital era. These results provide a foundation for
considering the development of similar educational programs with even greater benefits
for MSMEs in Manggar Baru Sub-district, Balikpapan City.

Keywords: MSMEs; Social Media; Branding

 

Abstrak: Pengabdian Masyarakat terkait Edukasi Pentingnya Penggunaan Media Sosial
Sebagai Sarana Branding Produk UMKM Kelurahan Manggar Baru Kota Balikpapan
menjadi penting untuk dilaksanakan, dikarenakan dapat memberikan pemahaman
tentang pentingnya memanfaatkan media sosial dalam upaya memperkuat merek produk
UMKM di Kelurahan Manggar Baru yang memiliki potensi untuk dapat ditingkatkan
serta memperluas cakupan pemasaran produk pelaku UMKM. Melalui metode Self
Learning, peserta edukasi yang terdiri dari para pelaku UMKM di Kelurahan Manggar
Baru menunjukkan pemahaman positif dan komitmen kuat dalam menerapkan strategi
pemasaran baru ini dalam kegiatan UMKM mereka. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa 97% peserta dengan mudah memahami dan tertarik untuk menerapkan
pemanfaatan media sosial sebagai alat branding dalam bisnis UMKM. Hasil ini
mengindikasikan bahwa materi Edukasi Pentingnya Penggunaan Media Sosial Sebagai
Sarana Branding Produk UMKM Kelurahan Manggar Baru Kota Balikpapan telah
berhasil memengaruhi pemahaman dan antusiasme peserta terhadap konsep ini.
Dukungan kuat dari peserta menunjukkan potensi perubahan dalam cara UMKM
memasarkan produk di era digital. Hasil ini memberikan dasar untuk pertimbangan
pengembangan program edukasi serupa dengan manfaat lebih besar bagi UMKM di
Kelurahan Manggar Baru, Kota Balikpapan.

Kata kunci: UMKM; Media Sosial; Branding

Published

2025-05-04

How to Cite

Muhammad Iqbal, & Bayu Aji Nugroho. (2025). EDUKASI PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BRANDING PRODUK UMKM KELURAHAN MANGGAR BARU KOTA BALIKPAPAN: Education of the Importance of Social Media Use as A Means of MSMEs Products Branding Manggar Baru Sub-district, Balikpapan City. Ruhui Rahayu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 9–18. Retrieved from https://jurnal.fib-unmul.id/ruhuirahayu/article/view/85