PELATIHAN TEKNIK DASAR PENELITIAN ILMIAH BAGI KOMUNITAS PENDIDIKAN

Basic Research Methodology Training for the Educational Community

Authors

  • Nur Amaliah Akhmad Universitas Patompo
  • Andi Nursamsi Universitas Patompo
  • Gustina Universitas Patompo
  • Eka Fitriana Hamsyah Universitas Patompo

Keywords:

training, research technique, education community, pelatihan, teknik penelitian, komunitas pendidikan

Abstract

Abstract: This community service program was initiated to strengthen the scientific
research capabilities of the educational community, especially among teachers and
university students. The training provided a practical introduction to fundamental
research techniques, including problem formulation, data collection, and research
reporting. The program was delivered through four weekly online sessions utilizing
Zoom and WhatsApp to facilitate interactive and flexible learning—a total of 15
participants engaged in theoretical discussions and practical assignments, culminating
in creating mini-research proposals. Evaluation data collected through observation and
questionnaires demonstrated a significant improvement in participants' understanding
and confidence in conducting basic research. By emphasizing contextual relevance and
direct application, this initiative successfully enhanced participants' academic writing
skills and promoted a research-oriented mindset. The outcomes suggest that short-term,
application-based training can be an effective strategy to build research capacity in
educational settings.

Keywords: training; research technique; education community

 

Abstrak: Program pengabdian masyarakat ini diselenggarakan untuk memperkuat
kemampuan penelitian ilmiah di kalangan komunitas pendidikan, khususnya guru dan
mahasiswa. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengenalan praktis terhadap teknik
dasar penelitian, mencakup rumusan masalah, pengumpulan data, dan penyusunan
laporan penelitian. Kegiatan dilakukan dalam empat sesi daring mingguan melalui
Zoom dan WhatsApp guna menciptakan proses pembelajaran yang interaktif dan
fleksibel. Sebanyak 15 peserta mengikuti sesi teori dan praktik, yang diakhiri dengan
penyusunan proposal penelitian mini. Data evaluasi yang diperoleh dari observasi dan
kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kepercayaan diri
peserta dalam melakukan penelitian dasar. Dengan menekankan konteks aplikatif dan
relevansi langsung, kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan penulisan akademik peserta serta mendorong tumbuhnya budaya riset. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan jangka pendek berbasis aplikasi dapat menjadi strategi efektif dalam membangun kapasitas riset di lingkungan pendidikan.

Kata kunci: pelatihan; teknik penelitian; komunitas pendidikan

Published

2025-04-30

How to Cite

Akhmad, N. A., Nursamsi, A., Gustina, & Hamsyah, E. F. (2025). PELATIHAN TEKNIK DASAR PENELITIAN ILMIAH BAGI KOMUNITAS PENDIDIKAN: Basic Research Methodology Training for the Educational Community. Ruhui Rahayu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 35–43. Retrieved from https://jurnal.fib-unmul.id/ruhuirahayu/article/view/188