PELATIHAN PEMBUATAN PAMFLET MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA PENYEDIA JASA TOUR DAN HIBURAN DI BONTANG KUALA

The Pamphlet Creation Workshop Using Canva Application for Tour and Entertainment Service Providers in Bontang Kuala

Authors

  • Dio Chandra Prabowo Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman
  • Singgih Daru Kuncara Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v2i1.62

Keywords:

pamflet, Canva

Abstract

ABSTRACT: It has become known by many people that promotion is essential in the business world, especially for new businesses. In the business world, promotion aims to build the branding of a product and introduce the latest products from the business being run. Nowadays, many media are used to promote a product, one of which is pamphlets. A pamphlet is a sheet of paper containing information and offers. Before becoming a paper containing offers, the pamphlet is first designed attractively to make the readers curious about its contents. To design the flyer itself, we need an application to design it. Therefore, in addition to introducing pamphlets as promotional media, this socialization and training also aim to introduce an application that is easy to understand and learn. Canva is one of the most popular and frequently used applications for creating flyers. This application is also easy to access and available on smartphones.

Keywords: pamphlets, Canva

 

ABSTRAK : Sudah menjadi hal yang diketahui oleh banyak orang bahwa promosi sangat diperlukan dalam dunia bisnis, terutama bagi usaha yang baru berjalan. Di dalam dunia bisnis, promosi bertujuan untuk membangun branding suatu produk dan juga untuk memperkenalkan produk terbaru dari usaha yang sedang dijalankan. Di masa sekarang banyak media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, salah satunya adalah pamflet. Pamflet adalah lembaran kertas yang berisi informasi dan penawaran. Sebelum menjadi kertas yang berisi penawaran, pamflet terlebih dahulu di desain dengan sangat menarik agar dapat membuat para pembacanya penasaran tentang isinya. Untuk mendesain pamflet itu sendiri, kita memerlukan aplikasi untuk mendesainnya. Maka dari itu, selain untuk memperkenalkan pamflet sebagai media promosi, sosialisasi dan pelatihan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan salah satu aplikasi yang mudah dipahami dan dipelajari. Canva adalah salah satu aplikasi yang sangat populer dan sering digunakan untuk pembuatan pamflet. Aplikasi ini juga mudah untuk diakses dan tersedia di smartphone.

Kata Kunci : pamflet, Canva

Published

2023-04-30

How to Cite

Prabowo, D. C., & Kuncara, S. D. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PAMFLET MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA PENYEDIA JASA TOUR DAN HIBURAN DI BONTANG KUALA: The Pamphlet Creation Workshop Using Canva Application for Tour and Entertainment Service Providers in Bontang Kuala. Ruhui Rahayu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 52–58. https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v2i1.62

Most read articles by the same author(s)