SOSIALISASI PROSEDUR PENDAFTARAN GRABFOOD PADA PELAKU UMKM DI KELURAHAN BONTANG KUALA SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM
The Socialization of Grabfood Registration Procedures to MSMEs in Bontang Kuala Subdistrict As An Effort to Empower MSMEs
DOI:
https://doi.org/10.30872/ruhuirahayu.v2i1.64Keywords:
Grabfood, ekonomi kreatifAbstract
Abstract: Grabfood is an online food delivery service available on the Grab application with the aim of making it easier for people to order food from home. The presence of Grabfood is one of the digital transformations carried out by creative economy actors by providing an even modifying creative ideas into solutions to help people fulfill their daily needs. The impact given by the presence of this service is also expected to be felt by business actors in Bontang Kuala, this socialization aims to encourage business actors to participate in developing the creative economy in Bontang to develop creative industries by starting to adapt to existing technological developments. One way is to start reaching consumers by relying on technology as a marketing medium by registering a business on an online food delivery service platform. The method used in this activity is to conduct socialization aimed at business actors in Bontang Kuala, which is followed by pre-test and post-test distribution activities as a benchmark for the success of socialization activities.
Keywords: Grabfood, creative economy
Abstrak: Grabfood merupakan salah satu layanan pesan antar makanan secara online yang tersedia pada aplikasi Grab dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam memesan makanan dari rumah. Hadirnya Grabfood ini merupakan salah satu transformasi digital yang dilakukan oleh pelaku ekonomi kreatif dengan memberikan bahkan memodifikasi ide-ide kreatif menjadi solusi untuk membantu masyarakat dalam melakukan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Dampak yang diberikan oleh kehadiran layanan ini diharapkan juga dirasakan oleh para pelaku usaha yang berada di Bontang Kuala, sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha agar berpartisipasi dalam pengambangan ekonomi kreatif di Kota Bontang untuk mengembangkan industri kreatif dengan mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Salah satu caranya dengan mulai menjangkau konsumen dengan mengandalkan teknologi sebagai media pemasaran dengan cara mendaftarkan usaha pada platform layanan pesan antar makanan secara online. Adapun metode yang dilakukan pada kegiatan ini dengan melakukan sosialisasi yang ditujukan untuk para pelaku usaha di Bontang Kuala yang diikuti dengan kegiatan penyebaran pre-test dan post-test sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan sosialisasi.
Kata kunci: Grabfood, ekonomi kreatif